Sehat Menurut Pandangan Islam

Sehat Menurut Pandangan Islam

CB Blogger
CB Blogger

Sehat Menurut Pandangan Islam

Oleh Muhammad Thoriq

Sehat, menurut World Health Organization (WHO), adalah satu kesatuan fisik, mental dan kesejahteraan secara menyeluruh dan bukan hanya bebas dari penyakit cacat.

Mengacu pada definisi di atas, sehat terbagi menjadi tiga:
  1. Sehat fisik, yaitu sebuah kondisi dimana setiap organ fisik bekerja dengan semestinya.
  2. Sehat mental, yaitu kondisi psikis yang berkaitan dengan kejiwaan.
  3. Sehat spiritual atau sehat sosial yang diinterpretasikan dengan moral dan kepercayaan.

Itulah gambaran besar yang bisa kita tangkap dari terminologi “sehat”.

Jauh sebelum WHO terbentuk, jauh sebelum para pakar kesehatan dikehendaki Allah untuk menatap dunia, Al-Quran sudah menjelaskannya secara lengkap loh!

Dalam Kitabullah ini, terdapat beberapa ayat yang berkaitan dengan kesehatan. Di antaranya Surat Al-Baqarah ayat 10 dan Al-Muddatstsir ayat 31 yang berkenaan dengan penyakit syubhat.

"Dalam hati mereka terdapat penyakit, lalu Allah menambahkan penyakit mereka". 
"
Supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (mengatakan), “Apakah yang dikehendaki Allah dengan bilangan ini sebagai perumpamaan?”

Surat Al-Ahzab mencantumkan tentang penyakit syahwat yang artinya sebagai berikut:

"Wahai istri para Nabi, kalian tidak sama dengan wanita muslimah manapun jika kalian bertaqwa. Karenanya, janganlah kalian berbicara (terlalu) lembut sehingga menimbulkan keinginan kuat kaum lelaki yang dalam hatinya terdapat penyakit."

Pun Al-Quran menerangkan tentang penyakit jasmani dalam Surat Al-Baqarah ayat 196:

"Jika di antara kalian menderita sakit atau terdapat luka (penyakit) di kepalanya (lalu ia bercukur), ia harus membayar fidyah, yaitu bershaum (tiga hari), memberikan sedekah dengan memberi makan enam orang miskin atau melaksanakan korban (seekor biri-biri)".

Masih banyak lagi ayat-ayat yang berkenaan dengan kesehatan dan sangat menarik bila dikaji lebih dalam. Demikian sekiltas sehat menurut pandangan Islam. Wallahu a’lam bis-Showwaab. (Diksi).*